Sunday 19 August 2018

PERHITUNGAN DARI KATAK BIBIT DAN UMBI BIBIT (PORANG)

      asalamualaikum,,,,,,,salam sejahtera kawan.lama gak posting.kali ini mari kita bahas hitungan nanam porang dari bibit katak bulbil dan nanam bibit dari umbi.sebenarnya ke duanya sangat menguntungkan tetapi ada perbedaan hasil dari tanam katak bibit dan dari tanam umbi bibit. mari kita bahas dahulu keuntungan dan kelemahan tanam bibit katak .

BIBIT KATAK BULBIL:
        setiap 1 kg bibit dari katak ada 150 butir,1 butir nya bisa menghasilkan 3 kg dalam waktu 2 musim (2 tahun) berati setiap 1 kg katak bisa menghasilkan 3kg x 150 butir = 450 kg . jika harga bulan agustus  9000/kg maka hasil nya = Rp 4,050,000 
tetapi apabila harga padasaat panen terendah 3000/kg maka hasil nya =Rp1.350.000
 perhitngan di atas adalah berdasarkan setiap 1 kg katak bulbil yang perawatanya secara intensif.
bisa di hitung kalau setiap hektar butuh bibit katak 370 kg hasil panen kurang lebih 60 ton.
bisa di hitung dalam 2 musim hasil nya segitu.
 ini juga berdasarkan fakta dan realita.




BIBIT UMBI PORANG 

        bibit ubi.kita tau  bibit ini panenya singkat yaitu 5-6 bulan bisa di panen. biasanya 1kg isi 3-6 buah,masing masing kalau di tanam semusim bisa berbobot kurang lebih 4-5 kg .kalau kita buat misal 1 kg berisi 4 buah hitungan nya sebagai berikut;
1 kg isi 4 buah 
masing bisa menghasilkan 4 kg dalam waktu 6 bulan.
 harga sekarang 9000/kg di bulan agustus berati 4 x 4 = 16 kg x 9000= Rp 144,000 ini setiap 1 kg umbi. (kalau harga panen pas naik) tapi kalau harga 3000 berti 16 x 3000= Rp 48,000 hasil per kg nya.
keuntungan di sini cepet panen tapi hasil kecil.
maka kesimpulanya tergantung anda mau tanam porang bibit umbi atau dari katak bibit nya


saran saya ;
   setiap kita usaha tentu mengarah ke hasil . namun hasil itu bisa maximal atau tidak nya , tetep pilih yang katak bibit saja untuk pemula dan para investor, menurut saya dan teman teman petani lainya.tapi kalau sudah faham di porang silakan pilih bibit umbi untuk percepatan hasil.

sekian dulu pembahasan kali ini,kita sambung pada tulisan tulisan berikutnya jangan lupa telepon ke wa saya untuk chat bibit,pupuk,jarak tanam atau seputar porang di 082336771571 sya paidi porang

salam.



tetapi apakaaaakk

71 comments:

  1. Pak Paidi saya achmad dari Jember,saya inginbtahu harga bibit porang dan kusaran harga jual panen porang 2019 ini. Saya butuh bibit cukup banyak untuk sekitar 100 ha lahan dan naubtanam agustus september 2019

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak paidi saya Tri dari Lampung, pak mohon di balas WA saya, saya mau beli bibit untuk tanam di lampung.

      Delete
    2. Lampungnya dmn mas? Saya daerah Pringsewu. Salam kenal.

      Delete
    3. untuk wilayah lampung utara apakah cocok untuk lahannya untuk tnaman porang mas?

      Delete
    4. ada bibit porang unggulan dari kab madiun, siap 10rb bibit setinggi 25cm

      Delete
  2. Wah sangat inspiratif sekali.
    Saya asal KalBar, bisa dapat bibit di mana dan pemasarannya ke mana?

    ReplyDelete
  3. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete
  4. Saya ingin mencoba tanam porang,saya punya lahan kosong,seluas 500M persegi.
    Berapa kg bibit yg dibutuhkan.

    ReplyDelete
  5. Mas saya dari lampung?. Izin save no. Pribadi untuk tau lebih jauh mas. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampungnya dimana mas? Saya dari daerah Pringsewu

      Delete
    2. saya orang sukoharjo 3 pak ..

      Delete
    3. Saya ada bibit porang pak, saya juga orang sukoharjo 2, pringsewu.. minat wa aja pak.. 082269126655

      Delete
    4. Per kg nya brapa pak agil,,

      Delete
    5. Sehat pak? Mau nanya harga bibit porang

      Delete
  6. Sya ada porang sekitaran 1 ton
    Katak 500 san kilo minat wa 081385476291

    ReplyDelete
  7. Sy ingin gabung tanam porang, per hr ini konfirmasi hrg katak & gimana prosedur pembeliannya?

    ReplyDelete
  8. Saya tertarik mas. Barusan saya lihat mas paidi di hitam putih.
    Temen saya konsumsi beras sirataki katanya dr iles-iles. Ternyata iles2 itu dr umbi porang. Harganya mahal...menggiurkan sepertinya

    ReplyDelete
  9. Apakah tanaman Porang bisa tumbuh dibawah pohon sawit

    ReplyDelete
  10. Numpang tanya Apakah semua jenis porang bisa digunakan?

    ReplyDelete
  11. Mas Paidi inspiratif sekali sy di Aceh mau jg menanam Porang ...bila berhasil bisa tampung hasil nya kemana cara kirim nya..salam idam dr aceh

    ReplyDelete
  12. Bulan berapa masa tanam yg ideal?
    Berapa harga benihnya?
    Terimakasih (ini dari kediri).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo katak, tanam sekitar agustus akhir. Klo umbi, tanam dari september. Ini yg saya inget dr video mas Paidi.
      Harga katak kisaran 100K - 150K per kilogram. Klo umbi, saya lupa harganya.
      Jawaban ini saya inget2 dri hasil langganan chanelnya mas Paidi. Mohon koreksi bila kurang tepat.

      Delete
  13. Saya ingin nanam porang gimana..caranya pk.

    ReplyDelete
  14. Pak itu benar tidak 1kg porang berisi 150an?

    ReplyDelete
  15. Pak paidi, buka konsultasi live gak yaa, kalau buka bisa kerumah bapak langsung kah ?

    ReplyDelete
  16. pak. saya dari kalbar tepatnya di kab. sanggau. kalau saya mau beli bibit katak porang bagaimana ya pak. soalnya saya belum ada link untuk pembelian bibit porang. jika melihat perkembangan komoditi porang untuk sekarang ini, saya rasa sangat menjanjikan. di daerah kami (kab.sanggau) mayoritas masyarakat berkebun sawit dan keret ada juga sebagian tanaman lada. melihat harga komoditi tersebut sekarang sedang surut mungkin budidaya porang bisa menjadi salah satu solusi mengingat potensi tanah yg cukup bagus dan permintaan porang yg sangat tinggi membuat saya ingin mencoba membudidayakan tanaman porang di wilayah saya. jika berkenan silahkan diberi komentar pak. nmor WA saya 085391795655 (SERGIO). Terima Kasih

    ReplyDelete
  17. Mantap.maspaidi....
    Pesan bibit 100kg.boleh bos

    ReplyDelete
  18. Salam...
    Pembelian katak bibit dmana ya mas paidi? Untuk menghitung kebutuhan sesuai luasan lahan caranya bgaimana. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  19. Assalamuallaikum pa paidi saya ahmad yani dari subang jawa barat saya tertarik untuk budidaya porang,Kalau buat pemula langkah2 awal apa yg harus diambil/dikerjakan terimakasih sukses selalu pak paidi

    ReplyDelete
  20. Saya mau tanya kalau untuk didaerah kalaimantan timur Samarinda kira kira bisa kah hidup tanaman porang dan apa langkah langkah yang saya lakukan sebagai pemula

    ReplyDelete
  21. Dimana tempat penjualan bibit pirang dijual berapa per kilonya

    ReplyDelete
  22. Mas paidi..bisa ditanam di daerah perbukitan tdk mas..daerah pandeglang ada 10 hektar tanah kosong mas..

    ReplyDelete
  23. Mas. Paidi ... Apakah perbedaan porang sama gadung

    ReplyDelete
  24. Assalammualaikum Mas Paidi. Salam Kenal. Sebelumnya saya sudah pernah memperkenalkan diri melalui Chating ke WA Pak Paidi. Namun sampe sekarang belum dibaca kayak lho Mas.

    ReplyDelete
  25. ada orang pringsewu rupanya disini .. apabenya porang sama suwek ??

    ReplyDelete
  26. Mas klo di bangka cocok nggak mas

    ReplyDelete
  27. Rencana saya mau nanam di kutacane aceh tenggara, dimana bibit bisa dibeli pak, dan tempat menjualnya,disini blm ada tanaman seperti itu, mohon masukan 082166979822

    ReplyDelete
  28. saya ada lahan sudah ada tanaman sengon seluas 2000 m².. berapakah bibit dibutuhkan untuk lahan tersebut mas paidi?

    ReplyDelete
  29. Berapa harga sekilo katak mas?

    ReplyDelete
  30. asss selamat siang.ijin save No,saya tgl dijogja apakah cocok di ditanam didaerah yg berpasir.karna saya tinggal di lereng merapi.karna saya sangat tertarik dgn budidaya porang.semoga bisa menjadi solusi utk kehidup saya dgn keluarga.terimakasih wasalam

    ReplyDelete
  31. Assmualaikum mas paidi
    Klau misalnya kitavtanahm porsng trus pemasarannya kemana mas bisa minta w.a nya mas biar bisa tanya tanya lgsung ttg budidaya porang

    ReplyDelete
  32. Untuk teman² di sekitar Jepara, Jateng bisa sharing dengan saya di nomor wa.me/6281326794215

    ReplyDelete
  33. Mas Paidi dari kab. Bangkep prov sulteng Sy punya lahan 3 HA dimana bisa dapatkan bibit dan kebuthan jumlah bibitnya dan mohon petunjuk pemasarannya. Terimakasih ini no Wa 085340698668

    ReplyDelete
  34. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  35. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*


    ReplyDelete
  36. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*


    ReplyDelete
  37. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*


    ReplyDelete
  38. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete
  39. bisa join gak mss paidi mengenai pemasaran

    ReplyDelete
  40. Mas mau pesan bibit ke sumut,simalungun brapa

    ReplyDelete
  41. Mantap inspiratif
    Mas mau nanya kalo benih porang ditanam di daerah tanah pasir jd ngga y saya dari cilacap

    ReplyDelete
  42. Ass.km saya mas sukardi dari Lombok utara saya punya kebun sekitar 5 hektar dan di kebun saya blm ada bibit porang.saya mau kerjasama dalam budidaya porang apakah bisa wa.no hp 082 340 280 593

    ReplyDelete
  43. Mas paidi, saya dari kolaka utara sulawesi tenggara berap harga bibit porang per KGnya, mhon dbalas in WA sya pak ats nama pak Andi

    ReplyDelete
  44. Yang terpenting adalah penampungan hasil panen. Kemana kita jual hasil panen porang kita ?

    ReplyDelete
  45. Nah bener banget tu bos.kalo kita uda banyak yg pada nanem porang nanti hasil panennya kemana akan kita jual dan di mana tempat yg mau menampung porang.tolong kasih tau info nama penampung dan alamat serta no telp /wa yg bisa di hubungi...terimakaaih

    Adakah yg tau infonya?biar kita simpen alamat dan no telponya.

    ReplyDelete
  46. Saya masih tahap belajar ingin pesan bibit katak saja dahulu

    ReplyDelete
  47. Klo lahan 500 ubin bth bibit brpa ya boss

    ReplyDelete
  48. mas maaf saya dari kbupaten garut jawa barat masarakat di garut sudah antusias menanam porang tapi saya saya pengen punya kelompok yg diakui oleh perusahaan gimna yh caranya?

    ReplyDelete
  49. Di Semarang cari bibit katak nya dmn ya?

    ReplyDelete
  50. Saya Yusef dr Jakarta Pak Paidi..sy tertarik mau ikut nanam Porang,pertanyaan saya :
    1.Berapa modal awal utk tanam Porang Katak?
    2.Berapa jarak tanam ideal utk Porang?
    3.Kalau mulai tanam di Medio Desember s/d Januari 2020 apakah bisa?
    4.Kapan waktu/bln yg tepat sesuai pengalaman bapak menanam pirang?
    Atas informasinya sy ucapkan terima kasih..

    ReplyDelete
  51. Mas saya mau tanam porag..
    Dan ditempatku juga ada banyak.. tpi liar, klo misal mau jualan jual kemana mas... Utk pembelian bibit katak berapa?

    ReplyDelete
  52. Assalamualaikum.wr.wb mohon maaf yah pak paidi boleh saya save nomornya bapak..
    Sebelumnya saya pudin dari jakarta ,, saya ingin mencoba belajar dari bapak jika di perkenankan saya ingin banyak belajar dan sharing mengenai porang..
    TerimaKasih

    ReplyDelete
  53. salam kenal mas paidi. saya dari aceh mau tanya tentang bibit katak, apakah mas paidi bisa bantu tentang bibit dam beraoa harganya. terimakasih

    ReplyDelete
  54. Terima kasih untuk informasinya,salam sukses
    Jual bibit porang

    ReplyDelete